Welcome Guest [Log In] [Register]


Welcome to FSSH

CURRENT TIMELINE: TERM XII (2009—2010) —



Jika kalian memiliki pertanyaan, silakan tanyakan di topik pertanyaan. Anggota FSSH tidak dianjurkan bertanya melalui Twitter.


⸢ Read This First ⸥
UPDATED: 22 DESEMBER 2017






Image © sanya4@lj

Winter—Musim Dingin 2009-2010


Musim Dingin kembali ke Britania Raya untuk bulan Desember, Januari, dan Februari! Salju pertama di musim dingin tahun 2009 jatuh pada tanggal 17 Desember. Oleh Media Inggris Muggle, musim dingin tahun ini disebut sebagai The Big Freeze karena tingginya curah hujan salju. Ambil cokelat panasmu dan bergelunglah di balik selimut di depan perapianmu karena lapisan salju tebal sudah bisa terlihat menyelimuti Britania Raya dan sekitarnya pada awal Januari 2010. (Referensi: 1, 2, 3, & 4)

Selamat datang di forum Forum Sekolah Sihir Hogwarts (FSSH). Kunjungi Portal FSSH untuk membaca keterangan mengenai forum role play ini.

Bagi yang belum memiliki akun, silakan cek Jadwal Forum untuk mengetahui kapan registrasi akan dibuka. Bagi yang sudah memiliki akun, silakan log in dengan memasukkan username dan password pada kolom yang telah tersedia di bawah:

Username:   Password:
Add Reply
Jobs of Wizarding World; Pekerjaan-Pekerjaan di Dunia Sihir
Topic Started: 9 Aug 2016, 06:20 AM (720 Views)
Paracelsus
Member Avatar


Jobs of Wizarding World
PEKERJAAN-PEKERJAAN DI DUNIA SIHIR

Untuk memberi gambaran mengenai dunia sihir paska-sekolah di Hogwarts, sekaligus memberi panduan bagi karakter dewasa maupun murid yang ingin menyusun rencana karir sejak dini, silakan membaca keterangan mengenai pekerjaan di dunia sihir berikut. Keterangan ini merupakan karya member Brian Winters. Teriring ucapan terima kasih staf FSSH untuk Mr Brian.

Di bawah ini terdaftar pekerjaan yang hanya dapat ditemukan di dunia sihir. Pekerjaan-pekerjaan ini dibagi menjadi:
  • Pekerjaan profesional / freelance
  • Pekerjaan Swasta
  • Pekerjaan Gringotts
  • Pekerjaan Rumah Sakit St Mungo
  • Pekerjaan Kementrian Sihir
  • Pekerjaan Konfederasi Penyihir Internasional
  • Pekerjaan Quidditch
  • Pekerjaan Lain-lain



Pekerjaan profesional / freelance
  • Alchemist
    Syarat: Apprenticeship (minimal ahli Astronomi, Ramuan, Herbologi, dan Transfigurasi; kualifikasi NEWT tentu lebih baik)
    Alchemist adalah penyihir yang memiliki spesialisasi dalam bidang Alkemi, sebuah cabang sihir dan sains kuno yang mempelajari transmutasi zat. Alkemi berhubungan erat dengan pembuatan ramuan, kimia, dan sihir transformasi (atau Transfigurasi Transubstansial, sebuah cabang dari bidang Transfigurasi). Alkemi juga berhubungan dengan filosofi, mitos, dan metafisika. Kelas Alkemi di Hogwarts akan dibuka untuk kelas 6 dan 7 jika ada permintaan yang cukup dari murid-murid.
    Alchemist di FSSH: Paracelsus

  • Arithmancer
    Syarat: Ahli dalam bidangnya (kualifikasi NEWT lebih baik)
    Arithmancer adalah penyihir yang memiliki spesialisasi dalam bidang Arithmancy, sebuah cabang sihir yang melibatkan perhitungan angka yang rumit untuk memetakan masa depan. Arithmancer banyak dicari oleh bank dan badan-badan finansial lainnya oleh karena kemampuan mereka menangani perhitungan rumit dan memprediksikan tren keuangan. Pekerjaan Muggle yang ekuivalen dengan Arithmancer adalah aktuaris.
    Arithmancer di FSSH: -

  • Astronomer
    Syarat: Ahli dalam bidangnya (kualifikasi NEWT lebih baik)
    Astronomer adalah penyihir yang memiliki spesialisasi dalam bidang Astronomi, sebuah cabang sihir yang memelajari gugusan bintang dan pergerakan planet. Seorang Astronomer yang baik akan memiliki kualifikasi yang cukup untuk menjadi seorang Alkemis. Banyak Ahli Ramuan yang memiliki gelar ganda sebagai Astronomer karena pengetahuan astronomi sangat membantu dalam mengumpulkan bahan-bahan ramuan yang harus diambil dengan kondisi tertentu (ekuinoks, solstis, dll). Pekerjaan Muggle yang ekuivalen dengan Astronomer adalah fisikawan.
    Astronomer di FSSH: Aurora Sinistra (Profesor Astronomi)

  • Herbologist
    Syarat: Ahli dalam bidangnya (kualifikasi NEWT lebih baik)
    Herbologist adalah sebuah gelar untuk penyihir yang memiliki spesialisasi dalam bidang herbologi. Contoh dari herbolog adalah Pomona Sprout dan Neville Longbottom yang menjadi Profesor pelajaran Herbologi di Hogwarts. Contoh lainnya adalah Tilden Toots yang menjadi herbolog terkenal (setingkat selebriti) dalam dunia sihir.
    Herbologist di FSSH: Pomona Sprout (Profesor Herbologi)

  • Magizoologist
    Syarat: Ahli dalam bidangnya (kualifikasi NEWT lebih baik)
    Magizoologist, atau ahli satwa gaib (wizarding naturalist), adalah penyihir yang mempelajari satwa-satwa gaib (magizoologi). Seorang penyihir tidak perlu lulus dari sekolah tertentu untuk menjadi ahli satwa gaib.
    Magizoologist di FSSH: Rubeus Hagrid (Profesor Pemeliharaan Satwa Gaib)

  • Metal-Charmer
    Syarat: Apprenticeship (minimal ahli Jimat dan Guna-guna; kualifikasi NEWT tentu lebih baik)
    Metal-charmer, atau pandai besi sihir, adalah sebuah pekerjaan yang cukup langka di dunia sihir. Mereka menambahkan jimat dan guna-guna tertentu pada karya-karya logam yang telah mereka hasilkan. Karena mantra sihir biasanya hilang setelah perapalnya meninggal, para Metal-charmer harus mampu mempertahankan sihir mereka jauh setelah kematian. Snitch Emas dan Teropong-Curiga adalah beberapa contoh hasil karya Metal-charmer.
    Metal-charmer di FSSH: -

  • Potioneer
    Syarat: Ahli dalam bidangnya (kualifikasi NEWT lebih baik)
    Potioneer, atau ahli ramuan, adalah penyihir yang membuat ramuan sebagai pekerjaan utamanya. Utamanya mereka bekerja dalam bidang ramuan atau dalam bidang yang memiliki hubungan dengan ramuan, seperti penjual bahan-bahan ramuan, pembuat ramuan profesional, melakukan studi atau riset tentang ramuan, pencipta ramuan, atau mengajarkan cara membuat ramuan di sekolah sihir.
    Potioneer di FSSH: Horace Slughorn (Profesor Ramuan)

  • Spell Inventor
    Syarat: Apprenticeship / earned title
    Spell inventor menghabiskan hidup mereka menciptakan mantra-mantra baru yang kemudian dapat didaftarkan pada Spell Registrator di Kementrian Sihir. Konon kegiatan penciptaan mantra baru terbilang susah dan berbahaya; banyak kejadian penyihir yang terluka atau bahkan meninggal sebagai dampak kecelakaan di tengah pembuatan mantra sihir yang baru (contohnya seperti ibu Luna Lovegood). Namun jika dilakukan dengan baik, pembuat mantra baru ini dapat mendaftarkan mantranya ke Kementrian Sihir dan membiarkan mantra tersebut digunakan secara umum. Spell inventor juga bisa menjual penggunaan mantra tersebut, seperti Madam Primpernelle yang menjual beberapa mantra kecantikan di toko kecantikannya.
    Spell inventor di FSSH: Herpo

  • Transfigurer
    Syarat: Ahli dalam bidangnya (kualifikasi NEWT lebih baik)
    Transfigurer adalah penyihir yang dapat dibilang ahli dalam bidang sihir transfigurasi, sebuah cabang sihir yang berfokus pada perubahan bentuk atau tampilan sebuah objek melalui perubahan setingkat molekul. Transfigurasi merupakan bidang dasar yang dibutuhkan oleh hampir seluruh bidang pekerjaan di dunia sihir, sehingga kau akan jarang menemukan seorang penyihir yang ahli dalam bidang Transfigurasi saja dan hanya bekerja sebagai Transfigurer murni.
    Transfigurer di FSSH: Minerva McGonagall (Profesor Transfigurasi), Sébastien Sevensheep

  • Wandmaker
    Syarat: Apprenticeship
    Wandmaker adalah penyihir yang menciptakan dan menjual tongkat bagi para penyihir. Pekerjaan ini terbilang sakral dan penting dalam sebuah masyarakat sihir. Hanya segelintir orang tertentu yang mampu mendapatkan gelar ini.
    Wandmaker di FSSH: Garrick Ollivander


Pekerjaan Swasta
  • Broom Maker
    Syarat: Tergantung dari perusahaan
    Broom maker adalah gelar untuk mereka yang terampil membuat sapu terbang. Kebanyakan sapu terbang dibuat secara individual hingga abad ke 20. Sapu-sapu terbang saat itu dibuat dengan apik dan menyenangkan untuk dilihat, namun tidak terlalu dapat diandalkan dan kecepatannya rendah. Selain itu, pembuat sapu individual ini biasanya tak mampu memenuhi permintaan pasar dan seringkali menutup usaha mereka dengan cepat. Sejak berdirinya Perusahaan Sapu Cleansweep di tahun 1926, perusahaan sapu terbang menjadi banyak bermunculan dan menggeser pembuat sapu terbang individu.
    Broom maker di FSSH: -

  • Dragonologist (feeder / keeper)
    Syarat: Tergantung dari penangkaran naga. Biasanya minimal lulus OWL Pemeliharaan Satwa Gaib serta rela menjalani pelatihan khusus.
    Dragonologist, atau penjaga / ahli naga, adalah seorang magizoolog yang memiliki spesialisasi dalam bidang pemeliharaan naga. Seorang ahli naga biasanya dicari oleh penangkaran naga untuk memberi makan, menjaga, dan menyembunyikan naga-naga dalam penangkaran tersebut. Banyak ahli naga melakukan kegiatan barter atau menjual telur naga, namun kegiatan ini adalah kegiatan ilegal dan dapat berakibat denda maupun penahanan dari Hit Wizard.
    Dragonologist di FSSH: -

  • Journalist
    Syarat: Tergantung dari perusahaan.
    Sama seperti pekerjaan ekuivalennya di dunia Muggle, jurnalis di dunia sihir juga melaporkan berita-berita terkait peristiwa di dunia sihir Inggris Raya dan sekitarnya.
    Journalist di FSSH: Clarissa Reynolds (Daily Prophet), Evan Whitlock (The Quibbler), Rita Skeeter (Daily Prophet), Xenophilius Lovegood (The Quibbler)

  • Security Troll Trainer
    Syarat: Tergantung dari perusahaan.
    Security Troll Trainer adalah sebutan untuk para penyihir yang melatih dan menjinakkan troll-troll gunung agar dapat dimanfaatkan sebagai tambahan sekuriti bagi orang-orang penting yang membutuhkannya. Melatih satpam troll termasuk menjadi salah satu pekerjaan yang diiklankan dalam pamflet pekerjaan untuk para murid yang bingung memilih kelas pilihan untuk tahun ketiga.
    Security Troll Trainer di FSSH: -

  • WWN Broadcaster
    Syarat: Tergantung Jaringan Radio Sihir.
    Wizarding Wireless Network, atau Jaringan Radio Sihir, adalah stasiun radio general yang populer di kalangan penyihir. Mereka memiliki program-program khusus seperti program musik (dengan Glenda Chittock), program interaktif seperti Toots, Shoots 'n' Roots (dengan Tilden Toots), dan buletin berita seperti Wizarding Wireless Network News (Berita Jaringan Radio Sihir). Kebanyakan anak-anak yang dilahirkan dalam keluarga sihir sangat familier dengan stasiun radio ini.
    WWN Broadcaster di FSSH: -


Pekerjaan Kementrian Sihir
Lantai 1 - Menteri Sihir dan Staf Pendukung

Lantai 2 - Departemen Pelaksanaan Hukum Sihir

Lantai 3 - Departemen Kecelakaan dan Bencana Sihir

Lantai 4 - Departemen Pengawasan dan Pengaturan Makhluk Gaib

Lantai 5 - Departemen Kerjasama Sihir Internasional

Lantai 6 - Departemen Transportasi Sihir

Lantai 7 - Departemen Permainan dan Olahraga Sihir

Lantai 8 - Atrium

Lantai 9 - Departemen Misteri


  • Auror
    Syarat: Lulus NEWT Ramuan, PTIH, Transfigurasi, Herbologi, serta Jimat dan Guna-guna dengan nilai tidak kurang dari EE. Memiliki catatan kriminal bersih dan lulus seluruh pelatihan selama tiga tahun.
    Auror adalah pasukan elit Kementrian Sihir yang telah menerima pelatihan khusus. Mereka dilatih untuk menyelidiki kasus penggunaan Sihir Hitam serta memburu dan menetralisir penyihir jahat. Konon sangat susah untuk menjadi Auror karena mereka hanya mau menerima yang terbaik dari yang terbaik. Pekerjaan Muggle yang ekuivalen dengan Auror adalah tentara (terutama pasukan khusus).
    Auror di FSSH: Cornelius Higginbottom, Harry Potter, Ron Weasley, Neville Longbottom

  • Executioner
    Syarat: Ketentuan khusus dari Komite Pemunahan Satwa Berbahaya.
    Executioner adalah sebutan untuk mereka yang ditugaskan untuk mengeksekusi satwa gaib yang dianggap berbahaya oleh Komite Pemunahan Satwa Berbahaya dari Kementrian Sihir.
    Executioner di FSSH: -

  • Hit Wizard
    Syarat: Lulus OWL PTIH, Jimat dan Guna-guna, Transfigurasi, Ramuan, Herbologi. Berusia lebih dari 17 tahun dan bersedia dilatih dengan keras. Lulus pelatihan selama dua tahun
    Hit Wizard adalah penyihir yang telah dilatih untuk bergabung dalam Pasukan Penegakan Hukum Sihir. Hit Wizard bertugas menindak pelanggaran hukum sihir sehari-hari (semacam polisi). Salah satu tim Hit Wizard bertanggung jawab dalam penahanan Sirius Black pada tahun 1981 ketika ia menjadi tersangka pembunuhan Peter Pettigrew dan dua belas orang Muggle.
    Hit Wizard di FSSH: -

  • Menteri Sihir
    Syarat: Voting dari Wizengamot
    Menteri Sihir adalah pemimpin dari komunitas penyihir di Kerajaan Inggris dan Irlandia, serta anggota tertinggi dalam Kementrian Sihir. Pekerjaan Muggle yang ekuivalen dengan Menteri Sihir adalah Perdana Menteri Inggris. Menteri Sihir mengatur segala permasalahan dunia sihir dalam daerahnya dengan nasihat serta pandangan dari staf dan kepala departemennya. Menteri Sihir juga mengetuai Wizengamot untuk meloloskan peraturan serta undang-undang sihir, dan untuk mengadili pengadilan-pengadilan penting (seperti kasus Harry Potter) meskipun putusan ditentukan dari suara mayoritas, termasuk suara Menteri Sihir sendiri.
    Menteri Sihir di FSSH: Kingsley Shacklebolt

  • Obliviator
    Syarat: Lulus NEWT Jimat dan Guna-guna. Lulus pelatihan selama dua tahun.
    Obliviator adalah karyawan Kementrian Sihir yang ditugaskan untuk menjaga dan menjauhkan dunia sihir dari Muggle semenjak Undang-undang Kerahasiaan Sihir diberlakukan. Obliviator tentu saja harus sangat ahli mengaplikasikan mantra Obliviate untuk memodifikasi maupun menghapus ingatan Muggle yang tak sengaja melihat sesuatu yang seharusnya tidak mereka lihat, misalnya melihat satwa gaib.
    Obliviator di FSSH: -

  • Office Staff
    Syarat: Tergantung kantor yang diinginkan. (Lihat daftar kantor di atas)
    Staff Kementrian Sihir di FSSH: Fionnoula Berrycloth (Kantor Hukum Sihir Internasional)

  • Spell Registrator
    Syarat: Lulus Hogwarts
    Spell registrator adalah pekerjaan setara staf kantor di Kementrian Sihir. Mereka bertugas untuk mendata tiap mantra yang diciptakan di Inggris Raya.
    Spell Registrator di FSSH: -

  • Unspeakable
    Syarat: Lulus pelatihan selama dua tahun.
    Unspeakable (Yang-Tak-Terkatakan) adalah penyihir yang bekerja dalam Departemen Misteri milik Kementrian Sihir. Hanya sedikit yang diketahui mengenai Departemen Misteri, dan lebih sedikit lagi yang diketahui tentang pekerjaan mereka. Anggota Unspeakable dilarang mendiskusikan ataupun membocorkan segala informasi apapun mengenai departemen mereka.
    Unspeakable di FSSH: Brian Winters


Pekerjaan Gringotts
  • Curse-Breaker
    Syarat: Lulus OWL Arithmancy. Lulus NEWT PTIH, Ramuan, Transfigurasi, Jimat dan Guna-guna, serta Rune Kuno. Lulus pelatihan selama tiga tahun.
    Curse breaker, atau pemunah kutukan, adalah pekerjaan penyihir dimana penyihir tersebut menegasi atau menangkal kutukan-kutukan yang bersarang dalam makam kuno ataupun situs-situs bersejarah di dunia. Pekerjaan ini biasanya terdapat pada bank-bank sihir yang sering melaksanakan ekspedisi ke situs-situs tersebut untuk mengklaim harta yang terpendam di dalamnya. Pekerjaan Muggle yang ekuivalen dengan pemunah kutukan adalah arkeolog.
    Curse breaker di FSSH: Bill Weasley, Jean V. Mielonen


Pekerjaan St Mungo
  • Healer
    Syarat: Lulus NEWT Ramuan, Transfigurasi, Herbologi, Jimat dan Guna-guna, serta PTIH dengan nilai tidak kurang dari E. Lulus pelatihan selama enam tahun.
    Healer adalah penyihir yang telah lulus dari pelatihan menjadi Healer dan kini bertugas untuk menyembuhkan pasien St Mungo dengan sihir penyembuhan. Pekerjaan Muggle yang ekuivalen dengan Healer adalah dokter.
    Healer di FSSH: Aurora Mielonen-Randalauki

  • Mediwizard/Mediwitch
    Syarat: Lulus NEWT Ramuan, Transfigurasi, Herbologi, Jimat dan Guna-guna, serta PTIH dengan nilai tidak kurang dari E. Lulus pelatihan selama empat tahun.
    Mediwizard adalah sebuah pekerjaan yang ekuivalen dengan petugas medis Muggle. Mereka bekerja membantu Healer di St Mungo sebagai petugas penyembuh di lapangan. Mediwizard juga sering dipanggil untuk menjadi petugas medis untuk pertandingan Quidditch, turnamen-turnamen sihir, dan kegiatan sihir lainnya.
    Mediwizard di FSSH: -

  • Welcome Witch
    Syarat: Wanita, sehat jasmani dan rohani, tinggi minimal 165cm, pendidikan minimal lulus Hogwarts, berpenampilan menarik, jujur, tekun, ramah
    Welcome Witch bertanggung jawab membantu para pengunjung rumah sakit St Mungo dan memberitahukan pasien yang mana di lantai keberapa.
    Welcome Witch di FSSH: -


Pekerjaan Konfederasi Penyihir Internasional
Work in progress


Pekerjaan Quidditch
  • Quidditch Player
    Syarat: Punya talenta bermain Quidditch.
    Pemain Quidditch profesional dipilih, berlatih, dan bermain untuk tim Quidditch yang telah terdaftar dalam Departemen Olahraga Sihir.
    Quidditch Player di FSSH: Resse Rothqien (Tutshill Tornadoes)

  • Quidditch referee
    Syarat: ??? (Appointed)
    Wasit Quidditch adalah seorang penyihir yang bertanggung jawab mengawasi pertandingan Quidditch profesional. Wasit-wasit ini biasanya adalah penyihir pemberani dan dipilih secara langsung oleh Departemen Permainan dan Olahraga Sihir. Setiap wasit diharuskan ahli dalam mengendalikan sapu terbang dan mampu mengawasi tingkah polah empat belas pemain Quidditch secara bersamaan. Mereka harus melewati berbagai tes terbang, mengikuti ujian tertulis untuk memahami peraturan pertandingan Quidditch, dan membuktikan -- melalui berbagai ujian dan percobaan -- bahwa mereka dapat mengendalikan emosi dengan baik dan tidak akan terpengaruh untuk menyihir maupun mengutuk pemain Quidditch yang menyebalkan, bahkan jika wasit tersebut berada di bawah tekanan hebat.


Pekerjaan lain-lain
  • Shop-keeper
    Shop-keeper adalah penyihir yang memiliki tempat di Diagon Alley atau Knockturn Alley dan menjalankan usahanya berjualan barang maupun jasa-jasa sihir untuk para pengunjungnya.
    Shopkeeper di FSSH: klik di sini


  • Update (12/10/2017): Menambahkan keterangan pelatihan untuk Auror, Healer, Hit Wizard, Mediwizard/Mediwitch, Curse-Breaker, Obliviator, dan Unspeakable.
Edited by Herpo, 12 Oct 2017, 09:51 PM.


The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…


Posted Image

Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —


Offline (No PM) [ PROFILE ] [ QUOTE ] [ TOP ]
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
« Previous Topic · All About FSSH · Next Topic »
Add Reply

Misty Woods created by Helena & Cory of ZNR | Banner Picture by Myu


CO.NR Free Domain Name