Credits

SMILEY ACADEMY was created by MAMAT & FURA (February 2014). Skin by MAMAT please don't take without permission for skins All original content, including the site plot, systems, templates, skin, etcetera, belong to them; images were found on livejournal, weheartit,tumblr and belong to their respective owners.

Spesial thanks for WBentertaiment for Journal/Character Development/and Cellphone System.

Smiley*2G or Smiley*2 Gakuen is part of St. Smiley Gakuen project. The Utaite are in the role of a student council members or teachers. All the Utaite also have full names for their student or teacher representative. The circle released drama and vocal albums. Do not steal anything / take it without permission.
about
Smiley Academy adalah sekolah yang berada di kawasan Anonymus Hill di-negara jepang. Sekolah yang memiliki sejarah lama sebagai sekolah swasta yang mengajarkan muridnya dunia entertainment beserta pelajaran umum sekaligus, bahkan sekarang sekolah ini sudah genap berumur 100 tahun.

Sekolah ini memiliki fasilitas pendidikan SMP dan juga SMA namun berbeda gedung dan tempat. Dan khusus untuk SMA murid-murid diajari untuk menjadi seorang entertainer kelak. Selain pelajaran umum, ada 3 kelas yang wajib diambil oleh para murid yaitu kelas seni, akting, dan juga musik.

Siap untuk menjadi salah satu bagian dari Smiley Academy?
admin

xxx
Njel
Aru

Welcome Guest [Log In] [Register]

SPRING/ SUMMER
Year 2020- 2021

OPEN REGISTRATION 04/03/18, 12.00 WIB.

SELAMAT YUUGA MINE TERPILIH MENJADI KETUA OSIS TERFAVORIT BATCH II

Batas absen murid 28 /02/2018, 21.00 WIB.

[INFO] Kondisi geografis S. Academy terletak di bukit, dataran tinggi. Secara umum lingkungan akademi terasa sejuk tanpa pendingin ruangan. Kabut tipis sering muncul di pagi dan malam hari, bisa menebal saat cuaca buruk.

JANGAN GUNAKAN IMGBOX untuk hosting gambar.

Bagi yang masih baru dalam dunia RP, alangkah baiknya baca guide yang sudah di tuliskan oleh admin! Untuk guide bisa dilihat di link ini (@omgmamat tumblr)

Posted Image

Username:   Password:
Entertainment World Story & System
Topic Started: Feb 25 2015, 09:00 PM (2,192 Views)
Takenaga Kazutoshi
Member Avatar
DORM MANAGER
Entertainment World

1. Fakta Dunia Hiburan Jepang
2. Syarat Menjadi Talent
3. Sistem Poin Karir & Debut
4. Star Level
5. The People
Offline
Profile
quote
^^
 
Takenaga Kazutoshi
Member Avatar
DORM MANAGER
1. Fakta Dunia Hiburan Jepang

  • Agency industri hiburan di Jepang lebih sering disebut dengan istilah jimusho ("office"). Jimusho memiliki pengaruh sangat kuat di setiap bidang yang membutuhkan talent mulai dari televisi (variety show & drama), iklan, musik, modelling, dsb.

  • Berbeda dengan agency Amerika yang ekstravagan, agency Jepang dikenal lebih ketat dan tertutup. Talent biasa dilarang keras menerima wawancara/event tanpa ijin agency.

  • Jika selebritis Amerika dapat dengan bebas berganti agensi dan manajemen maka hal itu sangat sulit dilakukan dengan di Jepang dan apabila artis dinilai melakukan kesalahan fatal biasanya mereka akan di-blacklist dari dunia hiburan.

  • Jimusho menggaji talent mereka dengan gaji pokok yang biasanya mulai dari nilai yang rendah yang meningkat sesuai value talent. Selebritis di Jepang biasa kaya karena kontrak iklan, kemunculan di media, hak cipta, royalti, dan pendapatan lain yang masuk sebagai bonus (tanpa potongan) bukan karena gaji pokok di agency.

  • Di dunia hiburan di Jepang berlaku standar sosial masyarakat di mana artis dilarang memiliki hubungan romantis (renai kinshi jourei; aturan anti cinta) selama kontrak, terlebih artis yang terhitung baru meski pada kenyataannya agency berlaku lebih lunak dengan hubungan antar selebritis yang dianggap menguntungkan (e.g: dengan artis yang lebih terkenal). Pun dalam prakteknya selebriti yang memiliki kekasih biasa menyembunyikannya rapat-rapat agar tidak terendus media yang haus skandal.

Offline
Profile
quote
^^
 
Takenaga Kazutoshi
Member Avatar
DORM MANAGER
2. Syarat Menjadi Talent

Setelah lulus dari Smiley Academy, kalian akan diberi pilihan, memasuki jalan sebagai seorang entertainer, memilih melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, atau bekerja. Semua tergantung pilihan para siswa. Hal lain yang menyebabkan Smiley Academy istimewa di bidang entertaiment, kegiatan seluruh siswa dipantau oleh beberapa agensi dari sejak pertama mereka masuk sampai kelulusan, dan pada upacara kelulusan untuk kelas 3, maka orang-orang dengan balutan jas formal mungkin akan banyak terlihat bahkan saat di aula, ya mereka adalah perwakilan dari manajement yang siap merekut siswa secara langsung.
Offline
Profile
quote
^^
 
Takenaga Kazutoshi
Member Avatar
DORM MANAGER
3. Sistem Poin Karir & Debut


Untuk menjadi lebih terkenal, tentu seseorang harus sangat ulet dalam bekerja, sebab kerja keras adalah hal yang paling dihargai di dunia hiburan (selain koneksi, tentunya). Maka, diadakan sistem poin karir yang didapatkan jadi topik kerja kalian.

Syarat topik yang akan diterima sebagai topik kerja adalah:
1. Mendeskripsikan kalian sedang bekerja
2. Berstatus OPEN

Setiap post yang kalian lakukan akan dihargai 1 (satu) poin.

Sistem poin

  • Dari ★ (1) menuju ★★ (2) dibutuhkan 30 (tiga puluh) poin.
  • Dari ★★ (2) menuju ★★★ (3) dibutuhkan 25 (dua puluh lima) poin, totalnya 55 (lima puluh lima) poin.
  • Dari ★★★ (3) menuju ★★★★ (4) dibutuhkan 35 (tiga puluh lima) poin, totalnya 85 (delapan puluh lima) poin.
  • Dari ★★★★ (4) menuju ★★★★★ (5) dibutuhkan 65 (enam puluh lima) poin, totalnya 150 (seratus lima puluh) poin.
  • Dari ★★★★★ (5) menuju ★★★★★★ (6) akan ditambahkan nanti.

Topik kerja yang dibuat bisa dilaporkan pada topik yang disediakan.

Debut

Bagi karakter dewasa yang menjadi talent, wajib membuat topik debut (mulai dari level 3 atau 4) yang berkaitan dengan profesinya sebagai syarat resmi seorang talent dan untuk mendapatkan badge star level.

Contohnya, karakter talent berprofesi sebagai penyanyi membuat topik mengenai konser mini untuk launching single, karakter talent yang berprofesi sebagai aktor membuat topik mengenai pengumuman film pertamanya, atau karakter yang berprofesi sebagai seniman menyebutkan karya yang sudah diluncurkan ke khayalak umum, dan sebagainya. Bagaimana cara kalian membuat topik debut tidak terbatas pada contoh yang disebutkan, dapat dikreasikan sesuai profesi talent masing-masing. Jika ragu konsultasikanlah ke staff yang berwenang. Topik debut wajib berstatus OPEN dengan tag [DEBUT] dan [WORK] untuk non-debut. Star level hanya akan diberikan setelah membuat topik debut/work.

Beberapa profesi seperti model, idol, penyanyi, pelawak, novelis (dsb) bebas berasal dari kurikulum khusus manapun. Kalian juga boleh debut dengan yang berbeda dari yang kalian daftarkan asal melalui persetujuan admin sebelumnya. Ingat, admin bisa menolak registrasi debut kalian jika dirasa kurang cocok.

PENTING! Untuk menghindari kesalahan, dimohon tret [DEBUT] atau [WORK] pertama wajib mencantumkan link ke pos registrasi terdahulu.

Training

Selain mengumpulkan poin dari topik berkerja, kalian (khususnya star level 1 dan 2) bisa mengumpulkan poin dari sesi latihan/pelajaran. Namun sesi training untuk hanya bisa dilakukan oleh talent [S✮Sky entertaintment]. Kalian dapat melakukan topik training dengan dua orang atau lebih talent manajemen, dan bisa dibantu dengan NPC instruktur atau karakter lain dengan profesi yang menunjang (contoh: karakter x yang berprofesi sebagai wardrobe designer, fotografer, atau instruktur tari). Topik training wajib menggunakan tag [LESSON] pada judul.

Workshop

Workshop merupakan program kerjasama Smiley Academy & [S✮Sky entertaintment] dimana para alumni membagikan pengalaman dan memberikan tutorial sesuai bidang masing-masing pada para juniornya. Untuk tiap satu tahun ajaran ada tiga kelas workshop yang diadakan untuk setiap kurikulum khusus. Adapun murid tidak diwajibkan mengikuti workshop. Selain bisa bertemu dengan para junior, talent akan mendapatkan tambahan poin dari topik workshop.

Diutamakan bagi talent yang tidak mengikuti major debut. Fresh graduates tidak diperbolehkan. Topik workshop wajib menggunakan tag [WORKSHOP] pada judul.

Edited by Kamiki Hotaru, Dec 19 2017, 06:01 PM.
Offline
Profile
quote
^^
 
Takenaga Kazutoshi
Member Avatar
DORM MANAGER
4. Star Level

Untuk ukuran tingkat ketenaran Talent, kami memberikan Star Level sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakoni oleh talent. Ada 7 tingkatan antara lain :

  • ★ [STAR LEVEL 1]

    Murid yang mendaftar pilihan karir tak sesuai kurikulum (non 150 post) akan memulai dari level Trainee. Nama kalian tercantum namun agency memutuskan kalian untuk melalui sesi training serta pelatihan. Wajah kalian baru ada di daftar talent namun selain itu kalian benar-benar asing.


  • ★★ [STAR LEVEL 2]

    Garis start murid yang tetap berkarir sesuai kurikulum khususnya saat sekolah. Meski masih harus berlatih, agency menilai kalian tak membutuhkan sesi pelajaran dan latihan khusus karena sudah didapatkan di kurikulum sekolah. Pembelajaan tidak hanya dari ruang latihan, namun juga praktek. Kalian mulai muncul namun hanya sebagai wajah di belakang sorot cahaya panggung yang redup. Figuran lewat, back dancer, model yang porsinya masih minim di photobook gabungan? Itu kalian.

  • ★★★ [STAR LEVEL 3]

    Murid SA debut 150 post yang tak sesuai jalur kurikulum start di sini. Karir kalian di titik ini sudah cukup kentara. Nama kalian mulai bergema dan segelintir publik telah mengenal dan tertarik ke kalian namun jangan tersinggung kalau ada yang tidak tahu kalian siapa. Nama kalian memang belum dikenal luas. Di level ini kalian sudah memiliki basis fans tapi apa kalian sudah puas seperti ini? Contoh ketenaran [STAR LEVEL 3]: band/idol indie, NND celebrity.


  • ★★★★ [STAR LEVEL 4]

    Debut 150 post. Selamat, kalian berhasil menarik perhatian produser dan orang-orang atas industri! Major debut kalian dibuat besar-besaran. Sampul dan artikel di majalah terkenal, photobook solo, lagu yang masuk ke jajaran ORICON CHART, poster promosi di tempat-tempat ramai, tawaran iklan/peran pembantu, dan fans seantero Jepang bermunculan. Nama kalian sebagai pendatang baru hangat dibicarakan, tapi ingat, media mulai melirik. Selagi kalian sibuk menjalani karir dan gemerlap lingkar pergaulan selebriti, jangan sampai kalian tergelincir karena ceroboh.

  • ★★★★★ [STAR LEVEL 5]

    Nama kalian bergaung di berita Nasional dan publik secara umum pernah mendengar soal kalian. Wajahmu sangat familiar. Mungkin karena drama televisi dimana kalian menjadi peran utamanya, lagu yang meledak, wajah dari campaign brand ternama, dan lain sebagainya. Media benar-benar menyayangimu, tapi berita sensasional lebih meningkatkan oplah!

  • ★★★★★★ [STAR LEVEL 6]

    Kalian sangat terkenal dan kaya raya, raja dan ratu industri hiburan! Kerja keras selama ini berbuah sangat manis. Berturut-turut mendapatkan peran sebagai tokoh utama film ber-budget besar, kerjasama dengan nama-nama lain yang juga sangat terkenal, lagu-lagu kalian meroket berturut-turut ke puncak tangga nada, ataupun memiliki show sendiri yang disiarkan di waktu prime time. Pun ketenaran kalian membawa nama kalian membumbung tinggi hingga ke luar Jepang. Sekarang rumor tak ubahnya bumbu penyedap popularitas atau kalian sekarang malah sengaja memberi mereka sesuatu untuk diberitakan?

  • ★★★★★★★ [STAR LEVEL 7]

    World celebrity. Kalian menjadi nama yang mengukir sejarah di gemerlap industri hiburan yang kejam. Basis kalian bukan lagi di Jepang tapi berpindah ke Hollywood dan pasar internasional. Seantero dunia mengenal namamu kecuali mereka anggota suku pedalaman yang terpencil. Harta? Ah, kamu bisa berenang di gudang uang seperti Gober kalau mau.



Pada dasarnya ukuran kepopulerannya seperti ini, namun ada beberapa pekerjaan (apalagi pekerjaan teknis) yang sulit untuk ditetapkan Star Level-nya, dan juga beberapa pekerjaan yang hanya bisa mencapai maksimal level tertentu. Untuk ini lebih baik diskusikan dulu dengan admin.

Mohon diperhatikan jika level 4 seniman secara dunia nyata tidak sama dengan level 4 penyanyi/public figure dimana seniman cenderung lebih dikenal di kalangan yang lebih terbatas.

Sistem ketenaran ini hanya berlaku pada area Jepang saja. Apabila karaktermu ingin terkenal/debut di luar negeri, maka sistem bintang tak bisa diaplikasikan pada karakter tersebut. Bila karakter kalian ingin menjadi selebritis Internasional, silahkan kejar bintang enam.


Edited by Oguchi Chikako, Sep 14 2017, 09:24 PM.
Offline
Profile
quote
^^
 
Manami Kaito
Member Avatar
Ex Kepala Sekolah
5. The People


★★★★★★SUPER MULTITALENT
Posted Image
Sadou Takeshi
Selebriti multitalenta ini mengawali karir sebagai aktor film dan drama. Sado Takeshi mulai meraih popularitas luas karena aktingnya saat meraih penghargaan petama sebagai Best Actor setelah memerankan lakon pembunuh bayaran karismatik di film berjudul 'Blood Stone'. Karirnya makin melejit dengan membintangi serentetan film berbudget tinggi pun karena kepiawaiannya membawakan acara Sado kini memiliki variety show sendiri di waktu prime time nasional dengan judul [SADOnight].
★★★★★★TOP DIRECTOR
Posted Image
Arioka Kenichi
Sewaktu muda dulu merupakan aktor kabuki yang kemudian berhenti di usia 30an. Setelahnya Kenichi memulai karir sebagai aktor biasa dan cukup melejit, walau merasa bosan, kemudian mulai belajar menyutradarai sebuah film. Kenichi akhirnya berhenti menjadi aktor dan memutuskan menekuni pekerjaan barunya sebagai sutradara. Namanya segera terkenal menyusul suksesnya film keempat yang berjudul 'Shin Sekai' dengan genre Action/Thriller.
★★★★★★RENOWNED MANGAKA
Posted Image
Arioka Shun
Memiliki pseudonym 'Arishu' yang biasa digunakan sebagai namanya untuk membuat manga-manga yang cukup menyenggol rating. Awalnya adalah seorang doujinka yang bekerja sebagai asisten manga dewasa yang cukup terkenal, memulai debut dengan membuat manga shoujo yang rupanya diterima di 'Flower and Dream' dengan judul 'Gakkou de Aibanashi'. Terkenal sebagai mangaka shoujo dengan nama 'Alice' yang identitasnya belum jelas, walaupun orang yang setia membaca manga shoujo akan tahu identitasnya ketika ada meet and greet yang seringkali bersifat privat.
★★★★RISING MUSIC PRODUCER
Posted Image
Tsukioka Ryo
Produser lagu yang memulai karirnya sebagai komposer lagu amatir di sekolah menengah. Namanya mulai melejit ketika setelah lulus band sekolahnya menggandengnya untuk menulis lagu, yang kemudian mereka bawakan di klub-klub di sekitar kota.

Singkat cerita, Ryo dan band sekolahnya akhirnya menarik perhatian Smiley yang kemudian merekrut mereka untuk merilis album di bawah label S Sky Sudah beberapa tahun berlalu sejak saat itu, dan setelah berpisah jalan dari band masa sekolahnya itu Ryo kini terbang solo, fokus untuk menulis lirik dan aransemen musik.
SADISTIC PRODUCER
Posted Image
Matsuhara Shiho
(to be updated )
Offline
Profile
quote
^^
 
Takenaga Kazutoshi
Member Avatar
DORM MANAGER
6. About The Agency



[S✮Sky entertaintment]
(disingkat SSE) adalah salah satu perusahaan hiburan dari raksasa [S✮Sky group] yang membawahi sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang showbiz dan hiburan yang mengambil pasar populer (awam).

SSE menjadi rujukan utama para siswa dari Smiley Academy untuk memulai karier. Lulusan musik dan akting bisa disalurkan sesuai kemampuannya masing-masing untuk semakin diorbitkan. Selain SSE, ada juga [S✮Sky picture] dimana film, animasi, dan drama diproduksi dan Hoshizora Publishing co. untuk lapangan media cetak.

Jalur karier di kedua anak perusahaan [S✮Sky group] lebih terbuka bagi mereka yang mendalami kurikulum seni perfilman dan cetak namun tidak untuk karakter yang fokus ke seni murni atau art exhibition yang terhitung bukan hiburan masyarakat awam yang menjadi fokus grup. Contoh:

  • [S✮Sky picture] :
    Animator, designer, voice acting, director, CG artist, art director, script writer, sound engineer.

  • Hoshizora Publishing co.
    Novelist, poet, art director, mangaka.


NB: beberapa profesi di contoh memiliki star level maksimum yang bisa dicapai.

Sewaktu-waktu, S✮Sky akan mengadakan acara yang hanya bisa diikuti oleh anggota S✮Sky dengan syarat dan ketentuan berlaku. Bisa menyelesaikan acara yang bersangkutan memberi bonus poin karir pada karakter yang berpartisipasi.
Edited by Kamiki Hotaru, Dec 19 2017, 06:15 PM.
Offline
Profile
quote
^^
 
Kamiki Hotaru
Member Avatar

6. IDOL & GROUPS

Konsep idol yang dipakai di Smiley Academy sebagai forum adalah calon entertainer yang dilatih oleh agensi untuk menjadi entertainer yang sesungguhnya, di mana orang-orang yang masih latihan ini dipertontonkan agar memiliki kesan tumbuh bersama para fans. Oleh sebab itu, seorang idol tidak bisa debut individu, karena anggapannya idol adalah orang-orang yang masih latihan.

Orang yang ingin debut solo sebagai idol tidak memiliki kesempatan di forum ini, karena idol adalah orang-orang yang berlatih dengan kurikulum yang sudah diatur oleh agensi masing-masing. Jika ingin debut solo, menjadi seorang entertainer (penyanyi, musisi, aktor/aktris, dll) menjadi sebuah pilihan, tentu saja sebagai gantinya harus sesuai dengan kurikulum khusus pilihan ketika bersekolah di Smiley Academy. Anggapannya, tidak ada agensi yang rela merekrut orang yang masih ingin kerja serabutan tanpa membawa sebuah grup.

Jika ingin menjadi entertainer seperti music group tapi merasa ICnya kurang skill di beberapa bagian (visual/dance/vocal), kami membebaskan para member untuk menyelipkan proses training di agensi masing-masing, tapi tidak ada sistem khusus yang disiapkan oleh forum.
Edited by Takenaga Kazutoshi, Dec 5 2017, 12:29 PM.
Offline
Profile
quote
^^
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Enjoy forums? Start your own community for free.
« Previous Topic · Story and List · Next Topic »